Selasa, 10 Januari 2017

DARI MANA ASALNYA MUTIARA



        Pulau Lombok tak hanya dikenal keindahan Pantai dan Pemandangannya yang menakjubkan,tetapi juga terkenal sebagai salah satu penghasil Mutiara terbaik didunia,Sebagai penunjang terdapat banyak sentra pengrajin mutiara dipulau ini salah satunya adalah kampung Sekarbela yang secara administratatif berada di Kelurahan Karang Pule Kecamatan Ampenan Kota Mataram, Dikampung ini terdapat banyak pengrajin perhiasan dari berbagai bahan mulia seperti Emas, Perak dan Mutiara, Ditangan trampil mereka anda bisa menyaksikan bagaimana sebuah mutiara diubah menjadi perhiasan yang indah dalam waktu singkat, Profesi ini telah diturunkan dari generasi kegenerasi.
        Mutiara adalah barang mahal, menurut cerita  ribuan tahun yang lalu seorang nelayan cina yang merasa kelaparan dengan tergesa-gesa membelah tiram untuk dimasaknya, ditemukanlah benda dalam tiram itu  sebutir mutiara,.Tiram adalah hewan laut yang badannya diapit oleh dua kulit keras, dari dalam kulit itu dilapisi oleh suatu zat yang keluar dari  badan tiram, Lapisan itu warnanya putih dan mengkilat, tiram itu sendiri tubuhnya lunak, Permukaan halus dibagian dalam dinding itu mengenakkan badannya untuk tinggal didalam lindungan kulit keras tersebut.
        Jika rongga kulitnya kemasukan barang yang keras dan kasar, sebutir pasir misalnya, tiram itu akan berusaha agar badannya tidak tersakiti atau terlukai, Maka keluarlah dari badannya zat untuk melindungi dirinya dan melapisi kulitnya yang keras dari dalam, maka zat itu membungkus barang keras tersebut, pengeluaran zat itu berlangsung terus menerus sehingga barang yang terbungkus tersebut lama-kelamaan menjadi besar, Dan benda inilah yang disebut mutiara dalam bentuk yang sempurna.
        Tetapi manusia mempunyai akal yang panjang dan pikiran yang tajam. Pada dasarnya tidak semua tiram dapak kemasukan butir pasir atau benda kasar dan keras lainnya. Karena itu tidak semua tiram menghasilkan mutiara, Manusia dapat membantu tiram-tiram itu menghasilkan muriara, caranya tiram itu diambil dari laut, lalu kulitnya dibuka sedikit untuk memasukkan butir pasir atau barang keras lainnya. tiram pun dimasukkan kembali ke dalam laut, setelah minimal tiga tahun , tiram-tiram itu diambil dari laut, lalu kulitnya dibuka dan didapatkanlah mutiara.
        Harga perhiasan di Kampung Mutiara Sekarbela bervariatif biasanya tergantung dari jenis dan berat perhiasan , terdapat dua macam jenis untuk perhiasan mutiara , yaitu Mutiara Laut dan Mutiara Air tawar, Mutiara laut biasanya berbentuk oval serta berwarna putih, emas, hitam dan perak. Sedangkan Mutiara Air Tawar berbentuk bundar dengan varian warna putih, biru, pink, kuning dan oranye, biasanya warna dari jenis air tawar lebih beravariasi karena warna tersebut disuntikkan dari bahan tertentu keinduk tiram/kerang penghasil mutiara.
        Untuk masalah harga Mutiara Laut cenderung lebih mahal dibanding mutiara air tawar, anda bisa mendapatkan mutiara laut dengan harga mulai Rp. 100.000 per gramnya sedangkan untuk mutiara air tawar anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp. 15.000 ,- per butirnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...