Minggu, 15 Januari 2017

HAL HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MEMIJAT ATAU DIPIJAT




        Pijat telah ada berabad-abad yang lalu hal tersebut bisa dibuktikan dalam relief di batu Candi Borobudur di Jawa Tengah, dimana ukiran yang menggambarkan mengenai pijat telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya Indonesia, Pijat memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan baik dari luar dan dalam. Kadang sesuatu yang tidak bisa disembuhkan dengan obat, atau bisa disembuhkan tapi dalam waktu yang lama, dan solusi yang lainnya itu adalah dengan pijat, contoh jika kaki kita terkilir, apakah untuk menyembuhkannya hanya dengan minum obat ? tentu tidak, Jadi ada beberapa penyakit yang hanya bisa disembuhkan dengan pijat.
Dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita akan dipijat atau ingin memijat saudara kita agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan misal terjadi salah urat dan itu akan mengakibatkan hal yang fatal pada tubuh kita, adapun hal-hal tersebut adalah sebagai berikut :
  • Jangan memijat pada waktu orang yang akan dipijat menderita penyakit menular atau ada pada bagian tubuh yang luka atau bengkak
  • Bagi pemijat hendaknya mengetahui ilmu penyakit dan anatomi tubuh manusia seta memahami titik-titik atau daerah yang perlu ditekan pada tubuh manusia.
  • Pakailah minyak urut supaya kulit tidak lecet ketika dipijat.
  • Jangan terlalu sering melakukan pijatan karena akan merusak saraf pada tubuh , lebih baik pijat seminggu 1x maksimal 2x.
  • Setiap titik refleksi atau pijatan dilakukan selama 5 - 10 menit jangan lebih dari itu, jika tekanan pijatan pijatan terlalu keras dan menimbulkan rasa sakit maka lebih baik tekanannya dikurangi atau pindah pijatan pada lainnya dulu.
  • Kadang ada yang sekali atau dua kali dipijat sudah hilang rasa sakit atau pegal-pegal ditubuh sudah hilang, Tapi jika ada penyakit yang agak berat perlu waktu yang cukup untuk pijat sampai sembuh atau sakitnya berkurang.
  • Bagi penderita sakit jantung, kencing manis, lever dan kanker memijatnya jangan keras-keras , Tiap titik refleksinya hanya boleh dipijat selama 2 menit.
  • Selesai dipijat minumlah air putih 2 - 3 gelas, agar kotoran dalam tubuh mudah terbuang bersma air kencing.
  • Reaksi setelah dipijat : 
  1. Bagi yang sakit ginjal setelah dipijat kadang-kadang mengeluarkan air kencing berwarna coklat atau merah ini gejala baik.
  2. Bagi yang sakit pinggang setelah 3 hari dipijat ada kalanya hari ke 4 punggung makin sakit. ini berarti rintangan peredaran darah berhasil dibobolkan. 
  3. Jika Suhu badan naik, ini normal sebagai reaksi kelenjar refleksi. 
  4. Timbul luka atau borok di paha kaki, berarti kotoran di dalam darah tidak bisa dibuang secara normal sehingga dibuang melalui luka / borok.
  5. Urat darah menonjol berarti sirkulasi darah makin lancar
  6. Tumit bengkak berarti kelenjar masih terhambat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...