Rabu, 26 Oktober 2016

CARA MENGUKUR ATAU MENILAI KEPERCAYAAN DIRI



        
        Untuk meningkatkan kepercayaan diri kita, kita harus berusaha berpikir positif tentang diri kita dan harus percaya bahwa kita memiliki sesuatu dalam diri kita. serta terus harus mendorong diri menuju standar keunggulan. Untuk mengetahui apakah kebutuhan kita akan kepercayaan diri kita sudah terpenuhi ? kita harus mengukurnya, kita harus mengukur tinggi rendahnya kepercayaan diri kita.
        Skala berikut ini dibuat untuk mengukur perkiraan tingkat kepercayaan diri Anda. Jawablah " Ya" atau "Tidak" untuk tiap pertanyaan yang diberikan dengan penuh kejujuran pada diri Anda sendiri.
  1. Biasanya saya bahagia secara mental                                           Ya / Tidak
  2. Saya jarang punya masalah kesehatan , misal maag.                    Ya / Tidak
  3. Saya dapat tidur pada malam hari                                               Ya /  Tidak
  4. Saya biasanya tidak menyerah pada tekanan kelompok hanya demi kekompakan    Ya /  Tidak
  5. Saya bisa mengatasi situasi-situasi sulit tanpa menggunakan stimulan (obat perangsang/obat stimulus)                                                                                                      Ya /  Tidak.
  6. Saya tidak mengkonsumsi obat penenang                                     Ya /  Tidak
  7. Saya bisa mengerjakan tugas-tugas sulit dan mengatasinya dengan sukses    Ya /  Tidak
  8. Saya mempunyai sikap tak kenal susah                                        Ya  /  Tidak
  9. Tak banyak hal baik tentang diri saya yang bisa saya ceritakan     Ya  /  Tidak
  10. Lebih sering daripada tidak, saya terganggu oleh suatu masalah    Ya  /  Tidak
  11. Saya sering mengalami perasaan depresi secara tiba-tiba              Ya /  Tidak
  12. Saya punya tingkat kecemasan yang tinggi                                    Ya /  Tidak
  13. Saya gampang setuju dengan keputusan-keputusan kelompok meski saya tidak menyetujuinya                                                                                                                Ya /  Tidak
  14. Kadang-kadang saya merasa tidak aman                                      Ya /  Tidak
  15. Saya sering menyakiti diri secara mental                                        Ya /  Tidak
  16. Saya merasa banyak orang tidak menyukai diri saya                      Ya /  Tidak
Setelah menandai jawaban-jawaban anda, berilah poin 1 untuk jawaban "Ya" pada pertanyaan  nomor 1 -8,
Dan berilah 1 poin jawaban " Tidak " pada pertanyaan nomor 9 - 16 .
  • Setelah itu jumlahkan semua , Jika anda mendapatkan skore antara 0 - 4 Anda memiliki keparcayaan diri yang rendah.
  • Kalau skore Anda antara 5 - 10  berarti kepercayaan diri anda berada pada tingkat Rata-rata.
  • Dan bila skore Anda antara 11 - 16 berarti Anda mempunyai Kepercayaan diri yang Tinggi.
Jika anda sudah mendapat skore yang tinggi dalam kepercyaan diri jangan terlalu bangga, dan sebaliknya jika anda memperoleh skore kepercayaan diri yang rendah, jangan khawatir.Sebab sebenarnya kebanyakan orang menilai dirinya sendiri lebih tinggi dibanding rata-rata orang lain.Kita semua memiliki sedikit rasa rendah diri dan mereka yang tampak tidak memilikinya sebenarnya hanya berpura-pura. Kita mengingat dan membenarkan tindakan masa lalu kita dengan prespektif yang menekankan sisi baik kita, Kita sering terlampau yakin mengenai kebenaran dari keyakinan dan penilaian kita
Manusia  terlahir tidak langsung hebat, tapi harus berusaha membuktikan kemampuannya dahulu untuk meraih kehebatan itu. Kehebatan berasal dari dalam diri kita dan itulah sumber yang paling kuat, Jadi melangkahlah dan menangkan hidup ini ....karena " hidup adalah seni mempercayai diri sendiri "...  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...