Jumat, 21 Oktober 2016

LILIN BERASAL DARI BAHAN APA ?




        Lilin merupakan alat yang asalnya digunakan untuk penerangan jika listrik padam, tetapi sekarang lilin bisa digunakan untuk berbagai hal misal untuk upacara keagamaan, untuk suvenir acara pernikahan, hiasan direstoran, cafe-cafe dengan bentuk yang bermacam-macam dan unik. sehingga bermunculan usaha-usaha kreatif dari bahan lilin ini. disini akan dibahas berasal dari bahan apa lilin itu dibuat sebagai pelajaran awal sehingga kita tahu dasarnya dan dilain waktu akan dibahas mengenai proses pembuatan kerajinan yang berasal dari lilin. 
        Bahan lilin atau lilin berasal dari berbagai macam bahan diantaranya dari Tumbuh-tumbuhan, buah-buahan,binatang , Mineral dan Minyak Bumi. serta ada juga yang berasal dari bahan Sintetis buatan manusia.
Bahan lilin Karnauba dapat diperoleh dari daun-daun pahon Karnauba yang sejenis pohon palm dan tumbuh di Brasilia.Bahan lilin ini sifatnya agak keras dan memberikan corak yang mengkilat, dan banyak digunakan sebagai bahan melicinkan mebel dan mengkilatkan lantai.
Bahan Lilin bayberry berasal dari tumbuhan yang namanya sama yakni buah Berry semacam tumbuhan semak, dan lilin dari bahan ini banyak digunakan sebagai lilin penerangan.Lebah-lebah pekerja juga menghasilkan bahan lilin yang mereka pakai untuk membangun sarangnya juga untuk menampung madu, Bahan lilin dari lebah ini disebut "Malem" dan banyak dipakai untuk keperluan kosmetik, crayon, pensil lilin berwarna serta bunga-bunga imitasi.
        Bahan Lilin wol berasal dari binatang-binatang yang mengandung wol dan disebut "Lanolin" apabila sudah dimurnikan. Dan lilin jenis ini banyak digunakan untuk bahan minyak tertentu, kosmetik dan sabun,
Lebih dari 90 % Lilin yang saat ini digunakan atau beredar dimasyarakat berasal dari bahan Minyak tanah dimana lilin yang berasal dari bahan ini mempunyai kelebihan tidak mempunyai bau, tidak memiliki rasa tertentu, dan secara kimiawi tidak melakukan reaksi apa-apa atau bersifar tidak aktif dan disebut dengan "Parafin". Dan Parafin inilah bahan yang banyak digunakan untuk membuat kerajinan kreatif berbahan dasar lilin dengan berbagai macam jenis, corak dan warna- warni yang menarik dan lagi ngetren saat ini.
Sedang bahan lilin Sintetis merupakan kombinasi bahan kimia seperti hidrogen, karbon, oksigen dan kadang-kadang juga klorin. Bahan-bahan tersebut diolah secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan penggunaan secara cepat dan tepat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...