Kamis, 06 Oktober 2016

MANA JENIS MINUMAN KOPI YANG COCOK UNTUK DIET




BEBERAPA JENIS MINUMAN KOPI DENGAN JUMLAH KALORINYA

        Saat ini para pecinta kopi semakin dimanjakan dengan hadirnya gerai-gerai kopi atau coffeshop baik yang lokal atau internasional, mulai dari yang dipinggir jalan sampai ditempat yang mewah dimall atau gedung yang ditata khusus. Tapi minuman pembangkit semangat ini bisa menjadi musuh dalam selimut diet anda. karena dalam satu cangkirnya dapat menyimpan ratusan kalori tergantung pada jenis susunya dan juga topping atau tambahan yang kita pakai. Ada begitu banyak jenis minuman kopi yang sangat enak yang ada di coffe shop yang bisa kita pilih tapi bisa merusak pola makan, Kalau kamu seorang pecinta kopi dan kamu curiga bahwa berat badan kamu susah banget turunnya karena kopi , mungkin bisa jadi memang cara ngopi kamu harus diubah, Bukan salah kopi sebenarnya, karena kopi tidak bikin badan gemuk , tetapi tambahan-tambahan yang dimasukkan kedalam kopi itu yang bikin berat badan kamu terus membengkak, jadi bagaimana caranya supaya ngopi tapi badan tetap oke...???.
Berikut ini beberapa penjelasan kandungan dalam secangkir kopi yang bisa kita ketahui :

  1.  Kopi Hitam / Kopi Clasic Tradisional / Espresso, Sebenarnya kopi hitam tampa gula itu kalorinya nol, bukan cuma itu , satu cangkir kopi hitam yang kita minum itu mengandung sekitar 90-100 mg kafein yang cukup untuk jadi penahan nafsu makan, Jenis kopi ini memang tidak memiliki nilai nutrisi yang berarti, namun bagi kita yang sedang diet, jenis ini adalah minuman kopi yang tepat karena rendah kalori.
  2. Capucchino, Minuman kopi khas Italia ini dibuat dari campuran espresso dan buih susu atau whipe cream , kandungan kalorinya sangat tergantung pada jenis susu yang dipakai, jika dibuat dari susu full cream atau whole milk dalam 350 ml bisa mengandung 120 kalori , jika memakai susu non lemak hanya mengandung 75 kalori dan jika dicampur dengan susu kedelai hanya mengandung 64 kalori.
  3. Macchiato, Macchiato adalah minuman kopi yang terdiri dua shot espresso dan dituangkan dalam steamed milk , biasanya dalam segelas macchiato terdapat empat gram susu, 80 gram kafein dan 90 Kalori, Macchiato ini memiliki kafein yang cukup kuat hampir sama dengan shot espresso, hanya saja macchiato ini memiliki kandungan lain yaitu susu untuk para penikmat kopi yang tidak suka rasa pahit dari espresso.
  4. Latte, Latte dibuat dari espresso yang ditambahkan susu dengan jumlah yang lebih banyak dari cappuchino, setiap cangkirnya mengandung kurang lebih 10 gram protein , 5 gram lemak jika diambah susu full cream akan ada 225 kalori , jika ditambah susu skim akan ada 135 kalori.
  5. Moccha, Kopi moccha atau yang biasa sering dikenal dengan minuman frapuccino adalah jenis minuman kopi espresso yang ditambahkan dengan steamed milk, sirup coklat dan whipped cream, Kopi moccha adalah jenis minuman kopi yang mengandung paling banyak kalori yang 10 gramnya adalah lemak jenuh dan 80 mg nya adalah kafein dan total kalori yanag ada disegelas moccha ini adalah 310 .
Kesimpulannya, Kopi tidak akan bikin gemuk jika dibuatnya memakai susu skim atau susu tanpa lemak selain itu dibuat tidak terlalu manis dan juga jangan memakai whiped cream. Dalam diet apapun makanan dan minuman yang masuk ketubuh kita harus diperhatikan jumlah kalorinya termasuk dalam kopi.....



        Ada informasi bagi para pecinta kopi bahwa akan ada cara Rembug Kopi Nusntara yang akan diselenggarakan oleh SMESCO dan para  UKM kopi yang ada di Indonesia. Acara diselenggarakan tanggal 13 s/d 15 Oktober 2016 di gedung SMESCO Jakarta, tujuan acara ini untuk memperkenalkan beragam kopi lokal Indonesia sekaligus menjadi upaya menyatukan potensi-potensi dari kopi Tanah air yang sudah terkenal sampai mancanegara.
        Sederet kegiatan telah dipersiapkan oleh penyelenggara, diantaranya seminar, pameran produk kopi nusantara dan sarana pendukungnya, demo roasting kopi, cupping taste bersama 100 penikmat kopi, demo dan workshop Latte art hingga pemilihan duta kopi. Penyelenggara SMESCO Rembug Kopi Nusantara Lisa Ayodhya, berharap kegiatan ini akan memberi pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia kepada masyarakat luas, sehingga para pengusaha skala mikro, kecil dan menengah dapat memanfaatkan peluang  usaha di bisnis kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...