Sabtu, 22 Oktober 2016

ASAL USUL CELANA JEANS



   
        Celana Jeans atau Jins merupakan celana yang banyak digunakan oleh banyak kalangan mulai anak-anak, remaja, dewasa sampai kalangan tua juga memakainya. dan menjadi tren saat ini, dan bukan dalam bentuk celana saja tapi sudah berbentuk berbagai macam mulai rok , baju sampai jaket dan lain-lain. dan semua harus tahu asal usul dari awal mulanya jeans ini dibuat, Sekitar abad 19 seorang bernama Levi Strauss yang berumur 17 tahun saat itu, berniat bekerja menambang emas di San Francisko Amerika Serikat karena tidak punya modal untuk berangkat akhirnya dia datang dimodali oleh kakaknya untuk berjualan kanvas untuk tenda dan atap kereta bukan bekerja sebagai penambang emas.
Disana dilihatnya celana buruh tambang cepat sekali sobek-sobek "Celana mereka seharusnya dibuat dari bahan yang lebih kuat" pikirnya. Levi bukan cuma pandai menjahit tenda tetapi juga pakaian, dibuatnya sepotong celana kerja dari canvas yang biasanya digunakan untuk tenda. celana itu dijualnya kepada seorang buruh tambang seharga 22 sen dolar, ternyata banyak buruh lain yang meminta dibuatkan celana serupa.
Celana buatannya memang kuat, tetapi kurang nyaman dipakai karena bahannya kaku. 
        Tahun 1860-an, Levi mengganti bahan celananya dengan kain yang lebih kuat tetapi lebih lembut. Di Eropa kain itu disebut Serge de Nimes (kain serge dari Kota Nimes) tetapi orang Amerika menyebutnya Denims saja, sebenarnya kain itu bukan dibuat dikota Nimes Prancis melainkan di Genoa Italia dan digunakan untuk pakaian kelasi bahannya disebut gene fustian. Karena susah diucapkan oleh orang Amerika akhirnya mereka menyebutnya"Jeans".bahkan di Indonesia banyak disebut Jins.
        Supaya tidak cepat kotor , Levi mencelup kain tersebut dengan indigo(nila) sehingga warnanya biru maka akhirnya disebut " Blue Jeans".Bukan cuma buruh tambang yang membeli celana pada Levi, tetapi juga para pengembala ternak yang disebut "Cowboy" mereka suka celana yang agak ketat, sebelum dipakai celana itu mereka rendam dulu di bak tempat minum hewan supaya mengerut lalu mereka jemur di terik matahari. Pada zaman itu banyak kain mengerut jika direndam.
        Usaha Levi Strauss berkembang menjadi industri raksasa, dia tetap membuat pakaian kerja yang kuat dan terjangkau oleh buruh tambang, buruh jalan kereta api dan koboi sebab katanya orang-orang itu membantu membangun bangsa, Dan Levi juga banyak memberikan beasiswa dan membantu orang-orang muda yang ingin maju.
        Levi Strauss (Levis) meninggal tahun 1902 usahanya diwarisi oleh kemenakannya, Levi yang bertujuan membuat celana kuat untuk buruh tambang dan orang-orang yang uangnya terbatas, tidak sempat melihat celana Jins/levis masuk majalah mode kelas dunia dan kimi Jins menjadi pakaian buat semua orang buruh, selebriti sampai presiden pun memakainya. 



Sumber gambar : www.Menfash.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...