Jumat, 07 Oktober 2016

FILOSOFI KOPI DAN 5 CAMPURAN KOPI YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN



Kata Bijak tentang Kopi  & 5 Bahan Campuran Kopi yang perlu dipertimbangkan 

        Kopi, sebagai salah satu minuman paling banyak diminum oleh orang dewasa diseluruh dunia, kopi merupakan minuman yang terbaik untuk dinikmati kapanpun dan dimanapun, selain memberikan tenaga dan meningkatkan kosentrasi ternyata kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan.
Berikut ini beberapa kata-kata bijak tentang kopi yang dikutip dari "Raditya dika" :

" Hidup itu seperti secangkir kopi kadang terasa manis dan kadang ada juga yang terasa pahit.
Jalanilah kehidupan seperti menikmati secangkir kopi, minumlah secara perlahan dan nikmatilah semua yang dapat dinikmati maka kau akan mengetahui apa yang sedang terjadi "

"Kopi itu terbagi kedalam dua macam yaitu kopi dengan kualitas baik (kopi Arabika)dan kopi dengan kualitas sedang (kopi Robusta) begitu juga dengan hidup ini ada orang yang menjalaninya dengan baik dan ada juga orang yang menjalaninya dengan biasa-biasa saja tinggal kita mau memilih yang mana "

"Kopi itu nikmat bila dinikmati selagi panas namun jangan terburu-buru dalam meminumnya karena kau akan terluka dan hidup itu akan nikmat bila kita mengerjakan segala sesuatu dengan lugas namun jangan terburu nafsu karena nantinya kau akan kecewa "

" Jalanilah hidupmu seperti halnya menghabiskan kopi nikmati pelan-pelan sampai kau merasakan kenikmatan dan menghabiskannya, Jalanilah hidupmu secara perlahan hingga kau tahu kenapa kau harus menjalaninya." 

" Jangan terburu-buru dalam menjalani sesuatu nikmati saja apa yang ada seperti halnya meminum kopi , Kita tak akan mungkin lupa rasa pahit secangkir kopi  seperti halnya cinta yang tak pernah lupa bagaimana rasanya dilukai "

Itulah beberapa kata-kata bijak tentang kopi dan berikut ini ada beberapa hal yang sering dicampurkan kedalam secangkir kopi kalau kurang hati-hati bisa mengurangi khasiat kopi dan bahkan jika dikonsumsi berlebihan bisa mendatangkan penyakit. adapun bahan-bahan tersebut adalah :
  1.  Krimer non susu, atau yang lebih dikenal dengan sebutan non dairy creamer atau creamer merupakan campuran yang umum ditambahkan kepada secangkir kopi. Krimer ini biasanya mengandung lemak yang mampu menyebabkan penyumbatan arteri yang bisa berakhit kepada serangan jantung, Krimer ini pun jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan diabetes.
  2. Penambah Rasa Buatan, Kini banyak kopi yang ditambahkan perasa lainnya seperti vanilla, caramel , hazelnut, atau yang lainnya, Meskipun tidak ada yang salah dengan menambahkan penambah rasa ini, namun yang perlu diperhatikan adalah proses pembuatan penambah rasa tersebut. Kebanyakan penambah rasa yang ditemui terbuat dari gula tebu dan pewarna buatan , Dua kandungan tersebut sangat beresiko terhadap tubuh karena memiliki kadar gula cukup tinggi. Alternatif untuk mencampurkan kopi dengan penambah rasa adalah memilih yang alami seperti bubuk vanili murni, peppermint atau ekstrak kacang (almond & Hazelnut) bahan alami ini meskipun beberapa ada yang manis namun memiliki kadar gula yang sangat rendah dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
  3. Pemanis Buatan, Tentu pemanis buatan yang banyak dipasaran mengandung nol kalori dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah segera setperti gula meja. Tetapi beberapa studi menghubungkan gula buatan yang dibuat didalam laboratorium ini bisa menyebabkan metabolisme glukosa terganggu dan dapat menyebabkan kecanduan dan meningkatkan risikko terhadap diabetes. Beberapa ahli percaya ekstrak daun stevia mungkin alternatif yang lebih aman.
  4. Gula Tebu, Banyak orang yang suka minum kopi mereka dengan menambahkan gula , tidak ada yang salah dengan kebiasaan ini, namun yang perlu diperhatikan adalah jumlah gula yang ditambahkannya, Batas normal gula pada setiap cangkir kopi adalah dua sendok teh dan sebaiknya tidak lebih dari tiga cangkir seharinya, Untuk alternatif mengganti gula pada kopi bisa menggunakan kayu manis selain memiliki peran yang sama seperti gula kayu manis mampu mengurangi lonjakan gula darah.
  5. Susu tanpa Lemak,  susu tanpa lemak merupakan minuman yang sehat namun menurut sebuah penelitian menyebutkan  tidak selamanya lemak buruk untuk tubuh , Penelitian lain membuktikan jika orang yang mengkonsumsi susu full cream akan lebih sedikit mengkonsumsi karbohidrat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...