Senin, 03 Oktober 2016

GUNUNG BERAPI DIBAWAH LAUT ( GUNUNG KAWIO BARAT)



KAWIO BARAT ADALAH GUNUNG BAWAH LAUT TERBESAR DIDUNIA

        Gunung bawah laut yang ditemukan pada tahun 2010 ini memiliki tinggi 10.000 kaki atau sekitar 3000 meter dari dasar laut dan terletak dikedalaman 18.000 kaki, serta berada didearah Kepulauan Sangihe Talaud Sulawesi Utara , Indonesia.. 
        Diperut gunung Kawio ini terdapat aliran belerang  (sulfur) yang berwarna kuning dan hitam , perbedaan warnanya menunjukkan perbedaan suhu saat belerang cair menyembur keluar. Salah satu hal yang menakjubkan adalah banyaknya jumlah dan jenis kehidupan yang mengelilingi dan menjadikan sumber-sumber aliran hydrothermal dari perut bumi sebagai sumber kehidupan.
        Terdapat ribuan meter didasar laut jauh dari sinar matahari dan dalam tekanan air yang tingi membuat makhluk-makhluk seperti udang, limpet dan barnacles ( teritip ) yang khusus hidup dikedalaman laut ini mengandalkan bakteri-bakteri Hipertermofilia yang berkumpul dialiran sulfur panas tersebut sebagai satu-satunya sumber makanan. Bakteri hipertermofilia adalah bakteri yang hanya dapat hidup disuhu tinggi yang ekstrim serta juga mengambil zat-zat yang ekstrim seperti belerang sebagai bahan makanannya. Terdapat lebih dari 5.000 buah gunung berapi bawah laut yang statusnya aktif yang ada didunia, Gunung-gunung berapi bawah laut tersebut menyusun lebih dari 75 % seluruh letusan lava yang terjadi didunia setiap tahun.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...