Kamis, 15 September 2016

CARA MUDAH TINGKATKAN FUNGSI OTAK

CARA MUDAH TINGKATKAN FUNGSI OTAK

        Otak adalah bagian dari tubuh manusia yang paling penting atau vital sehingga apabila ada sedikit bagian dari otak yang luka atau terganggu fungsinya maka akan berpengaruh terhadap seluruh tubuh. Fungsi otak berkaitan langsung dengan sesuatu yang mendasar bagi manusia yakni pernapasan. Tahukah bahwa otak hanya 1-3 % dari berat tubuh kita meski demikian otak membutuhkan 20 % dari seluruh oksigen yang kita hirup setiap hari.
           Para dokter dan paramedis selalu mengkhawatirkan tentang hilangnya suplai oksigen ke otak bagi pasien mereka, jika otak kehilangan suplai oksigen dalam jangka waktu 10 menit saja kerusakan saraf yang cukup besar dapat terjadi. Setiap sel dalam tubuh membutuhkan oksigen yang cukup untuk berfungsi dengan baik, Otak terdiri dari kurang lebih 100 miliar neuron karenanya oksigen sangat penting bagi kita.
           Jika oksigen sangat penting untuk kehidupan kita, mengapa kita tidak memberikan perhatian yang khusus? atau prioritas untuk memastikan bahwa tubuh dan otak kita mendapatkan cara sederhana untuk memperoleh banyak oksigen.
           Poin sederhana untuk meningkatkan fungsi otak dan tubuh adalah melalui pernapasan yang efisien, yakni memastikan bahwa kita mengambil pasokan oksigen yang berlimpah. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang bisa kita lakukan untk menjamin otak dan tubuh kita dalam kondisi baik :

  •  Tarik napas dalam-dalam, bernapaslah perlahan-lahan, hiruplah oksigen(udara) dengan lebih lambat dari pada membuangnya, secara bertahap, buatlah irama napas masuk dan napas keluar pada kecepatan yang kita rasa nyaman.
  • Hilangkan beberapa saat semua gangguan seperti hp/telepon,televisi dan lainnya untuk fokus pada pernapasan.
  • Berikan kenyamanan pada punggung dan bahu yang lurus sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Pastikan lingkungan sekitar kita benar-benar bebas dari racun kimia seperti asap, pembersih dan lain-lain.
  • Hindari daerah berhutan lebat dimalam hari,karena tanaman menghirup oksigen dimalam hari dan mengeluarkan karbon dioksida.
  • Saat menarik napas gunakan hidung dan bukan mulut, karena hidung berfungsi khusus untuk pernapasan dan menerima bau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...