Rabu, 28 September 2016

MENGAPA KITA MEMERLUKAN GARAM ? ( WHY DO WE NEED SALT ? )



MENGAPA KITA MEMERLUKAN GARAM ?

        Tiap orang, tiap hari mesti makan garam. Tidakkah dapat dibayangkan bagaimana kehidupan kita ini apabila tidak ada garam. Garam sangat penting bagi kelancaran kerjanya alat-alat atau organ dalam tubuh kita. Garam adalah zat yang sangat penting bagi kehidupan diatas bumi. garam mutlak diperlukan oleh manusia dan hewan demi kesehatan dan kehidupan.
        Dahulu orang mengira garam hanya dapat diperoleh dari air laut. Tetapi kemudian ternyata garam dapat diambil dari tambang-tambang dan dari sumber air asin.memang didalam air laut kadar garam ialah yang paling tinggi yaitu kurang lebih 3,33 %. Garam pada umumnya adalah sejenis mineral, garam terjadi dari campuran dua unsur yaitu sodium dan khlor rinciannya adalah sodium 39,34 % dan Khlor 60,66%.
        Pada dasarnya tubuh kita tidak dapat menyimpan garam, garam sangat mudah larut. Tiap hari kita kehilangan sejumlah zat garam melalui keringat yang keluar lewat pori-pori kulit kita disekujur tubuh dan melalui air seni dan bagian yang hilang itu harus diganti. Tubuh manusia yang sehat mengandung kira-kira 50 gram garam, yang mengalir melalui pembuluh darah. Dan kita memerlukan antara 4 - 6 gram garam tiap hari guna memelihara keseimbangan yang mantap dalam tubuh.
        Sodium dan Khlor membantu memelihara volume darah dan plasma dalam sistem pembuluh darah kita. Ini menjamin kebaikan aliran darah didalam pembuluh-pembuluh itu.dan juga memelihara keseimbangan kadar air didalam dan disekitar sel-sel dan jaringan tubuh.Perubahan yang besar dalam keseimbangan garam dan air akan merusak sel-sel dan mengakibatkan sakit yang agak berat.
        Garam sangat penting untuk sistem pencernaan makanan, cairan perut dalam perut besar melarutkan zat makanan dan mengubahnya menjadi bahan bakar yang mengandung asam hidrokhlorida.Kadar sodium yang dikendalikan oleh ginjal, juga mempunyai peranan penting guna pembentukan dan pekerjaan serabut saraf yang mengantarkan gerak hati ke dan dari otak. 
        Tugas garam yang lain adalah melindungi tubuh dari kehilangan banyak air melalui keringat, kerja otot secara biasa juga bergantung pada tersedianya sodium yang cukup, Selama melakukan pekerjaan yang berat, banyak garam hilang karena pengeluaran keringat. jika ini tidak diganti dengan cepat otot-otot akan menjadi kejang. Sebaliknya terlalu banyak garam juga tidak baik. sebab itu memberi tekanan kepada ginjal dan darah terlalu cair dan hal ini menyebabkan tekanan darah tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...