Jumat, 30 September 2016

MENGENALI GEJALA GAGAL GINJAL ( RECOGNIZE SYMPTOMS KIDNEY FAILURE )





MENGENALI GEJALA GAGAL GINJAL


        Seringkali penderita penyakit ginjal tidak merasakan keluhan apapun, Penyebab utama gagal ginjal ialah penyakit diabetes sedangkan penyebab kedua adalah penyakit genetik seperti kelainan kekebalan, cacat lahir, pola makan dan  lain sebagainya. Adapun gejala-gejala menurunnya daya kerja ginjal yang berpotensi menyebabkan penyakit gagal ginjal antara lain :
  1. Penimbunan Sampah Dalam Darah, Hal ini ditandai dengan kelelahan, sekujur tubuh terasa sakit, gatal, kram, mudah lupa, susah tidur, mual-mual, tidak ada nafsu makan, dan daya tahan tubuh terhadap infeksi menurun.
  2. Masalah Keseimbangan Cairan, Tanda-tanda lain penimbunan cairan dalam tubuh antara lain pergelangan kaki dan wajah membengkak, Sebaliknya adanya pengeringan cairan tubuh ditandai dengan mata sangat cekung dan mulut kering karena hampir tidak terdapat lendir didalam mulut.
  3. Gangguan Hormon. Karena daya kerja ginjal berkurang ginjal menghasilkan banyak hormon atau ekstra hormon, sehingga hormon tekanan darah bertambah, sebaliknya hormon-hormon lain menjadi berkurang produksinya dan mengakibatkan tubuh kekurangan darah, lelah dan tulang menjadi rapuh.


Mencegah Gagal Ginjal 
Seseorang yang diyakini mempunyai gejala sakit ginjal tidak perlu risau. sebab dia masih dapat menjalani kehidupan normal dengan baik. Bahkan dia tetap juga dianjurkan untuk berolahraga secara teratur dan makan secara wajar. Adapun beberapa cara untuk mencegah kerusakan ginjal adalah sebagai berikut :
  1. Olahraga, Lakukan olahraga ringan secara rutin dan teratur, hal ini lebih berdampak positif bagi tubuh daripada anda berolahraga berat namun tidak teratur, maka lakukan jalan santai setiap pagi atau bersepeda selama 1 - 2 jam setiap minggu.
  2. Berhenti merokok. Rokok mengandung nikotin, sehingga bila dikonsumsi dalam jangka panjang dapat merusak organ-organ penting baik paru-paru, kulit, jantung, maupun ginjal.
  3. Mengurangi Makanan berlemak. Supaya terhindar dari penyakit ginjal, sebaiknya anda menghindari makanan berlemak sebab makanan tersebut dapat meningkatkan kandungan kolesterol didalam darah.
  4. Menurunkan Berat Badan yang Berlebih. Sebaiknya anda mengontrol berat badan secara berkala supaya terhindar dari obesitas. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang kelebihan berat badan berpotensi mengalami batu ginjal.
  5. Mengkonsumsi Air Putih dan Menghindari Konsumsi Jamu. Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi potensi munculnya penyakit ginjal adalah dengan menkonsumsi air putih secukupnya, Selain itu hindari konsumsi jamu atau herbal dan obat-obatan secara sembarangan. Kurang minum air putih dapat memicu terbentuknya batu ginjal, sementara itu cairan yang cukup dapat membantu melancarkan dan menjernihkan urine. Jika cukup minum air putih, urine kita berwarna kuning cerah, namun apabila kita kurang minum air putih urine kita berwarna kuning gelap, oleh karena itu kita harus minum setiap beberapa jam sekali jangan hanya pada waktu-waktu tertentu.
  6. Variasi Konsumsi Makanan. Timbulnya batu ginjal bisa dipicu oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah pola makan, oleh sebab itu kita harus memvariasi pola makan sehari-hari sebab sebagian orang cukup memfokuskan makanan yang mengandung kalsium dan serat sekaligus mengurangi asupan protein dan menghindari garam. tapi yang lebih baik dikonsultasikan saja kedokter.
  7. Menghindari Jus Grapefruit atau Jeruk Besar yang asam, Secara umum buah sitrus berguna untuk mengurangi asam pada urine tetapi jika terlalu banyak makan grapefruit dapat menigkatkan risiko batu ginjal. 
  8. Jangan Menahan Kencing. Kebiasaan menahan kencing dapat menyebabkan timbunan sampah dalam kandung kemih . lama-kelamaan timbunan tersebut mengeras dan menimbulkan infeksi.
  9. Kontrol Diabetes. Perlu diketahui bahwa penyakit kronis dapat mempengaruhi fungsi ginjal.selain itu batu ginjal juga bisa menjadi gejala awal penyakit diabetes. tekanan darah tinggi dan oestoporosis. oleh karena itu jika anda terbukti menderita batu ginjal segeralah konsultasi ke dokter.
  10. Lakukan General Check up. Salah satu cara mencegah penyakit gagal ginjal adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. termasuk pemeriksaan urine dan darah.
  11. Perluas Pengetahuan mengenai Obat-obatan.  Seringkali obat justru mendorong pertumbuhan penyakit ginjal, maka hindari asupan obat yang tidak direkomendasikan oleh dokter untuk menghindari penyakit tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...