Kamis, 29 September 2016

TIDUR YANG EFEKTIF



TIDUR YANG EFEKTIF

        Hingga kini belum diketahui benar hakekat dari tidur, Banyak teori yang dikemukakan untuk menerangkan ini. yang terjadi selama tidur ialah
  • Menghilangkan zat-zat sampah yang tertimbun dijaringan tubuh
  • Memperbaiki bagian-bagian tubuh yang rusak/ usang
  • Penghentian dari aktivitas yang tidak pokok ( misal gerak-gerak tubuh, berfikir dll )
  • Menurunkan/melambatkan aktivitas tubuh atau organ tubuh yang pokok ( misal debar jantung, bernafas ) sudah barang tentu jantung harus bekerja terus akan tetapi detak jantung selama tidur akan melambat.
  • Menurut beberapa ahli selama tidur aliran darah keotak berkurang karena aktivitas saraf dan jiwa berkurang sekali.
  • Suhu tubuh menurun.
Kwalitas tidur bergantung pada masing-masing orang dan tergantung pula pada waktu-waktu dan keadaan tertentu. Dalam keadaan normal seseorang  akan lekas tidur dengan nyenyak maksimal akan tercapai setelah 1 jam tidur kemudian 2-3 jam lama tidur nyenyaknya dan setelahnya akan berkurang secara bertahap. Tengtang kwalitas tidur seseorang tidak sama dengan orang lainnya dan bervariasi.
        Bayi yang amat muda membutuhkan hampir seluruh waktunya untuk tidur, anak umur 4 tahun memerlukan tidur 12 jam sehari anak umur 14 tahun tidur 8-10 jam sehari demikian juga orang dewasa juga memerlukan rata-rata 8 jam sehari.
        Hal-hal yang dapat  mengganggu  tidur yaitu  suara-suara yang keras atau bising, cahaya lampu yang terlalu terang, Pikiran yang tidak tenang, penyakit-penyakit yang mengganggu seperti gatal, infeksi, perut kosong atau terlalu kenyang dll..
Kamar tidur yang mempunyai ventilasi yang baik, bersih tenang belum tentu memberi jaminan pada penghuni bahwa itu akan membuat tidur nyenyak, sebab tidur yang enak nyenyak juga akan tergantung pada kesehatan dan ketengan jiwa seseorang, dan jika ada persoalan hidup yang belum terselesaikan maka juga akan mengganggu tidur kita. Bila kita sukar tidur maka beberapa hal dibawah ini akan membantu yaitu :
  1.  Mandi dengan air hangat sebelum tidur.
  2. Makanlah makanan yang banyak mengandung sayuran
  3. Setiap hari secara teratur melakukan gerak badan atau olahraga diudara yang segar dan bersih.
  4. Secepat mungkin menyelesaikan persoalan hidup.
Bila usaha-usaha tersebut belum berhasil, maka sebaiknya periksalah kedokter. jangan secara diam-diam minum obat tidur tanpa anjuran dokter. yang terpenting adalah dicara penyebabnya dulu mengapa sulit tidur.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...