Selasa, 07 Februari 2017

CARA MENGATASI STRESS YANG EFEKTIF


        
        Tips mengatasi Stress yang efektif pada diri kita, Stres terjadi karena ada suatu tekanan yang diluar kemampuan kita untuk menghadapinya, tekanan ini bisa berupa suatu peristiwa atau kejadian yang sangat memukul, seperti kehilangan sesuatu atau seseorang yang dicintainya, atau bisa juga disebabkan tekanan-tekanan kecil yang terakumulasi, misal karena pekerjaan.
        Tingkat keparahan Stres dapat diidentifikasi dengan sebuah skor tinggi pada skala ketegangan, Mereka yang meluangkan waktu untuk bersantai dan melepaskan ketegangan batin akan jauh lebih baik secara fisik dan emosional dari pada mereka yang gagal untuk terlibat dalam perilaku tersebut, Dengan manajemen stres yang tepat anda memiliki kualitas hidup yang lebih tinggi dari pada mereka yang tidak memiliki manajemen yang tepat.
 Jika skor tingkat keparahan stres anda menengah, anda mungkin memiliki manajemen stres yang tidak kondusif dan tidak efektif, Anda harus meningkatkan usaha anda dalam melawan stress. Luangkan lebih banyak waktu  untuk bersantai, Anda akan melawan efek negatif dari stres, Pelajari cara untuk rileks tubuh dan emosi dengan memfokuskan perhatian pada pikiran yang lebih tenang dan damai.
        Menjadi tegang dan merasa tidak ada waktu untuk bersantai atau rileks merupakan indikator stress, Sejauh mana anda meluangkan waktu untuk diri sendiri menentukan apakah anda adalah orang yang santai atau tegang ?, seseorang yang tegang sering merasa bersalah yang luar biasa ketika menjadi mudah dan menjadi baik untuk diri mereka sendiri, Ketegangan berkepanjangan dapat menyebabkan nyeri otot, pegal-pegal dan kelelahan, Sakit punggung dan sakit kepala adalah gejala fisik yang paling umum dari terlalu banyak stress dan ketegangan.
Adapun gejala lain orang stress adalah :
  • Nyeri dan sakit
  • Pengambilan keputusan yang buruk
  • energi fisik berkurang
  • Lebih sering melakukan kesalahan
  • Rendahnya kualitas pekerjaan
  • Kesulitan konsentrasi
  • Kecenderungan untuk menghindari orang lain.
Orang tegang jarang istirahat, makan siang, membaca buku, atau berjalan-jalan, Jadi apa yang dapat anda lakukan untuk membantu diri sendiri , atau bagaimana menghilangkan stres tersebut , berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan stres tersebut yaitu :

1. Luangkan Waktu untuk Anda
        Tanyakan kepada diri sendiri Apakah saya terlalu banyak memberi kepada orang lain dan tidak begitu memperhatikan pada diriku sendiri? Apakah saya perlu meluangkan waktu hanya untuk memanjakan diri ? " jika jawabannya adalah , YA" jangan merasa bersalah tentang hal itu dan lakukan....
Jika anda merasa bersalah ketika anda melakukan sesuatu yang menyenangkan untuk diri sendiri, Kemungkinan anda akan berhenti melakukan hal itu , Pada akhirnya anda kehilangan, anda mungkin menjalani hidup anda dengan standar dan harapan orang lain, Kendalikan perasaan bersalah, fokuslah pada manfaat bagi anda dan keluarga anda yang akan terjadi ketika anda adalah orang yang lebih santai dan ber energi.

2. Meluangkan Waktu untuk makan siang dan tidak terburu-buru.
        Luangkan waktu makan siang dan istirahat yang panjang setidaknya tiga kali seminggu, jangan melakukan bisnis saat makan siang, lakukan aktivitas selain urusan kerja, seperti membaca novel sambil minum teh, main ponsel atau game yang santai, pergi kemusium, duduk tenang ditepi sungai yang bersih dan hijau atau hanya makan perlahan-lahan, Mencoba makanan baru atau tempat kuliner baru juga merupakan ide bagus, Pergilah dengan teman atau sahabat yang setuju untuk tidak membahas masalah atau bisnis.

3. Berjalan Setiap Hari.
        Pilihlah untuk berjalan dari pada harus mengendarai sepeda motor atau mobil jika tujuan dekat, pilihlah naik tangga dari pada pakai lift, Berjalanlah untuk sekedar membuang sampah atau mengambil air minum, tidak minta bantuan pembantu anda.

4. Olah raga
        Bergabunglah dengan group aerobik, pergi ke gym, bermain tenis, sepak bola, naik sepeda, mendaki pada akhir pekan , pergi kesebuah resor kebugaran atau joging dengan teman-teman, Olah raga sangat penting untuk mengurangi hormon stres, lemak dan bahan kimia lainnya dalam tubuh kita daripada aktivitas lainnya.

5. Pelajari Ketrampilan Relaksasi yang mendalam dan Pelajari Tekhnik mengontrol Pikiran.
        Anda bisa memilih dalam bentuk Yoga, Pelatihan Citra, Relaksasi Progresif, atau autogenics. Menggunakan metode hipnoterapi bebas stres dan terapi gelombang otak menghilangkan stres juga sangat bagus untuk mengontrol pikiran.Bisa juga beribadah dan berdoa sesuai keyakinan anda.

6. Membuat Koneksi
       Hubungan yang baik dengan keluarga dan teman sangat penting, Buatlah upaya untuk berhubungan kembali dengan orang-orang yang pernah anda kenal. Menerima bantuan dan dukungan dari orang-orang yang peduli tentang anda dapat membantu kurangi stres.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...