Minggu, 09 Oktober 2016

TERAPI IKAN KEGUNAAN DAN RESIKONYA



Manfaat dan Efek samping Terapi Ikan 


        Terapi Ikan adalah salah satu cara pengobatan yang menggunakan media ikan, dengan cara merendamkan kaki atau badan dan ikan-ikan tersebut akan mengigit atau menghisap kaki atau tubuh kita, ikan yang banyak dimanfaatkan untuk terapi ini sebenarnya jenisnya banyak tapi yang sering digunakan adalah ikan Garra rufa., Terapi semacam ini sudah populer dan banyak tempat di Indonesia baik itu di mall-mall, kolam renang atau tempat-tempat wisata. Banyak yang mennyakini jika dengan terapi ikan ini akan memberikan manfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan terutama kullit , juga bisa  untuk relaksasi tubuh.

Manfaat Terapi Ikan bagi Kesehatan :
          Enzim Dithranol (Anthralin) yang dikeluarkan dari mulut ikan ini bermanfaat selain membantu proses pengelupasan kulit mati secara alami, tereapi ikan ini juga untuk menghambat pertumbuhan kulit yang terlalu cepat tumbuh , meningkatkan kelembaban kulit, memperlancar sirkulasi darah , mengurangi dan mengaburkan bekas luka, membantu peremajaan kulit, membuat kulit lebih lembut juga mencegah pertumbuhan kulit yang tidak sehat. 
        Pertama memasukkan kaki kedalam kolam berisi kumpulan ikan-ikan ini akan memberikan sensasi menggelitik karena sentuhan mulut-mulut ikan akan tepat mengenai simpul-simpul syaraf, hingga menimbulkan rasa geli tapi enak dan senang, dan ini bisa menghilangkan stress sesaat sambil menikmati udara segar yang dapat menenangkan pikiran. Ditambah lagi hisapan-hisapan ini bisa memberikan micromassage dikulit bagian atas.....Selain itu isapan ikan tersebut juga untuk melepaskan kulit mati disekitar telapak dan jari-jari kaki serta bagian lainnya.Terapi ikan ini juga dapat merelaksasi otot dan mengendurkan urat syaraf sehingga tidak heran manakala saatnya tidur, kita betul-betul tidur pulas dan begitu bangun tidur akan terasa segar..

Resiko dan Efek Samping Terapi Ikan
        Terapi Ikan ini juga memiliki resiko jika air yang ada dikolam tidak terjaga kebersihannya, maka dari itu sebelum masuk kekolam maka harus dilihat dulu kebersihan kolamnya, kebersihan orang yang melakukan terapi agar terhindar dari microorganisme negatif yang disebarkan melalui air.
Berikut beberapa saran yang lain. :
  • Orang yang memiliki masalah sistem kekebalan tubuh yang lemah dan kondisi medis tertentu seperti diabetes, psoriasis, dll, tidak dianjurkan untuk melakukan terapi ini karena lebih rentan terhadap infeksi.
  • Ikan jenis Garra rufa adalah jenis ikan yang umum digunakan, yang hidup diperairan hangat sungai-sungai didaerah Timur Tengah,Menurut Health Protection Agency ikan Garra rufa adalah jenis ikan yang baik dan aman digunakan, karena sangat rendah infeksi jika pemilik kolam terapi menjaga kebersihan.  .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...