Minggu, 02 April 2017

KHASIAT BUAH-BUAHAN UNTUK KESEHATAN ( 2 )


        Buah-buahan merupakan sebagian dari ciptaan Tuhan yang paling indah, yang dikaruniakan kepada kita sebagai makanan, Kata fruit atau buah berasal dari bahasa latin Fructus yang berarti kesenangan, manusia telah mengumpulkan buah-buahan liar untuk makanan mulai zaman Nabi Adam dan Hawa. Memang banyak orang yang menghargai keindahan dan kelezatan berbagai macam buah, tetapi tanpa memberikan banyak pemikiran tentang kebaikan, khasiat dan nilai gizinya, Gula-gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa plus beberapa serat merupakan komponen-komponen utama buah yang bergizi.
        Pada umumnya buah-buahan mengandung sejumlah besar zat gizi yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan tubuh kita, kelezatan buah-buahan yang banyak mengandung air dan sangat menarik tersebut telah menduduki tempat terhormat dalam diet makanan alami,Ketika membeli buah-buahan yang terbaik adalah memilih buah-buahan lokal dan sedang musim disamping itu pilihan buah-buahan juga tergantung pada jenis sistem darah serta penyakit yang akan diterapi pada saat tertentu. 
Berikut ini beberapa buah dengan Khasiatnya untuk kesehatan tubuh :

1. Buah Nanas
        Buah Nanas bersifat netral hingga menghangatkan, manis dan asam, buah nanas yang paling menyehatkan adalah yang matang dibawah sinar matahari. Penuhnya mata dan kuatnya aroma merupakan suatu pertanda yang baik tentang halkematangan pada buah nanas, periksalah tangkai buah untuk mengetahui kesegarannya jangan ambil nanas yang tangkainya telah layu, Nanas yang asam dan belum matang bersifat kurang menghangatkan.

Khasiat buah nanas baik sekali untuk mengusir dahaga, buah ini membantu untuk menjaga kesehatan limpa, membantu pencernaan protein dan konstipasi, pemecah protein dan lemak, mengatasi gangguan sembelit, trauma, ISPA, menghilangkan panas serta anti tumor.

Cara Penggunaan : Makan buahnya langsung atau 50 gram nanas segar yang telah matang dikupas lalu dicuci bersih kemudian diblender dengan ditambahkan air matang secukupnya, dan jus ini diminum satu gelas sehari sebelum tidur.

Peringatan : Jangan berlebihan menggunakan terapi sari buah nanas ini terutama bagi penderita arthitis cukup 1-2 sendok makan sehari, bagi wanita hamil dilarang makan buah ini.



2. Buah Pisang
        Buah Pisang memiliki sifat menyejukkan dan manis, Pisang bergizi dan merupakan sumber makanan yang kaya akan potasium, juga mengandung kalsium, fosfor, protein , zat tepung, lemak vitamin A,B,C dan E bila matang seara penuh setiap satu pisang mengandung 12 % gula, Pisang sangat baik bagi bayi dan orang lanjut usia sekaligus bagi orang yang baru sembuh dari sakit yang lama. sedang pisang yang belum cukup matang mempunyai kandungan hemiselulosa yang cukup tinggi dan membantu pembuangan lemak dalam darah, pisang juga cukup bagus untuk penyakit luka lambung.

Khasiat Buah Pisang adalah dapat menyeimbangkan air dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, membantu transportasi oksigen ke dalam otak, juga dapat memperkuat Yin, melumasi usus, mengurangi sembelit, meredakan wasir, menurunkan panas dan membantu mengeluarkan racun intoksikasi alkohol.
Makan Pisang secara teratur dapat melindungi kita dari borok, kolesterol tinggi dalam darah dan kelelahan kronis.
Pisang juga baik bagi orang-orang yang sedang diet untuk mengurangi berat badan karena pisang yang matang dan hangat mengendalikan gigi lemak karena memberikan rasa mulut yang sama terhadap lemak, namun tanpa adanya lemak.

Cara Penggunaannya : Makan buahnya langsung atau 100 gram buah pisang yang telah masak buang bijinya lalu diblender dengan ditambahkan air matang secukupnya, lalu diminum satu gelas sehari.

Peringatan : Terlalu banyak makan pisang bisa menyebabkan angin dalam tubuh dan para wanita yang menderita nyeri menstruasi harus menghindari makan pisang terlalu banyak.


3. Jeruk Lemon
        Jeruk Lemon memiliki sifat menyejukkan, asam dan astringen, Lemon mengandung vitamin C, Kalsium, Magnesium, besi, antioksidan dan zat Kimia yang lain yang dapat mengahalangi kanker dan pada umumnya bermanfaat bagi kesehatan organ liver.. Jeruk Lemon telah terbukti lama khasiat terapiutiknya dalam mencegah dan mengobati kudisan.
Pada abad ketiga orang Romawi menggunakan Lemon sebagai penawar racun, Buah ini mengatur cairan tubuh dan meningkatkan keringat. Lemon berkhasiat diuretik mengusir dahaga dan memiliki sifat antivirus serta anti peradangan. Hal ini membuat lemon sebagai obat kumur yang baik untuk sakit tenggorokan dan mulut kering. Di India masyarakat biasa meminum 2 sendok makan jus lemon yang dicampur dengan 2 sendok makan madu dan sedikit air sebagai minuman pagi.
        Bila membuat jus lemon , buanglah bagian kuning kulitnya saja, lapisan dalamnya yang berwarna putih dari kulit luarnya yang sedikit pahit justru mengandung banyak biofiavonoid, yaitu sebuah zat antioksidan yang pada umumnya sering dianggap sebagai agen pencegah kanker.
Cara Penggunaannya  Minumlah 1/2 gelas jus lemon dalam sedikit air hangat setiap hari untuk mengatur Qi dan memperkuat liver.
Perhatian : Lemon cocok sekali untuk orang-orang yang sistem darahnya dingin dan lemah atau orang-orang yang memiliki gejala-gejala seperti nyeri saat menstruasi sakit dan nyeri tubuh.


4. Buah Mangga.
        Buah Mangga memiliki sifat netral, Manis dan asam, Mangga menghasilkan cairan tubuh, mengatur Qi, meredakan batuk, mengusir dahaga, memperkuat perut serta limpa dalam hal pengobatan pencernaan yang lemah, meredakan muntah-muntah,meningkatkan buang air kecil,mengurangi kelebihan panas badan dan menghilangkan bau badan.
Cara Penggunaannya : Dimakan buahnya langsung atau 50 gram mangga dikupas, buang isinya lalu diblender dengan sedikit air, jus ini diminum pagi atau sore 2-3 jam sesudah makan.
Peringatan , Mengkonsumsi buah mangga terlalu banyak akan dapat menyebabkan panas lembab dan gatal-gatal pada daerah kewanitaan. 


5. Buah Pir.
        Buah Pir memiliki sifat menyejukkan, manis dan sedikit asam , buah Pir mengandung gula-gula sederhana, potasium, vitamin B1,B2 dan C, Buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan terkenal sekali sifatnya menyejukkan. Buah Pir melumasi dan melembabkan kekeringan pada tenggorokan dan mulut serta menghilangkan dahak dan lendir yang berwarna hijau kekuning-kuningan. Disamping itu buah pir juga berkhasiat , mengobati diabetes, anti demam, mengatasi ganguan pencernaan dan jika anda sedang bepergian dengan kendaraan  maka siapkan buah ini karena dapat dijadikan obat mabuk perjalanan.
Cara Penggunaannya : Makan langsung buahnya atau 200 gram buah Pir segar dikupas lalu diblender dengan sedikit air dan ditambah sedikit madu . kemudian jus ini diminum siang atau malam hari.


  6. Buah Pepaya.
        Buah Pepaya memiliki sifat netral hingga menyejukkan dan manis, Buah pepaya mengandung protein,lemak, banyak vitamin, kaya akan gula dan tinggi kadar karoten serta memiliki berbagai macam zat bersifat anti oksidan.
Khasiat buah pepaya adalah memperlancar pencernaan, mengobati lambung, mengurangi panas tubuh, mengurangi gangguan jantung dan juga diyakini sebagai agen anti tumor.
Cara Penggunaannya : Makan buahnya langsung atau , 100 gram buah pepaya yang matang, dikupas kulitnya, buang bijinya lalu diblender dan jus ini diminum sehari sekali.


Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...