Senin, 07 November 2016

SEJARAH KERTAS


        Kertas adalah bahan yang saat ini banyak digunakan  oleh hampir semua bidang dalam berbagai  bentuk atau model,dan hampir semua manusia saat ini pernah menggunakan kertas baik itu untuk menulis, membungkus, untuk uang, buku dan lain-lain, tapi tahukah anda kertas itu dibuat dari apa ?...
Pada zaman nenek moyang dulu untuk mencatat/menggambar/memahat didinding gua,mereka memakai alat tulis batu yang diruncingkan, Dan dikemudian hari orang-orang Mesir Kuno berusaha menciptakan alat tulis yang lebih baik. Daun Papirus yang banyak tumbuh disepanjang sungai Nil mereka manfaatkan sebagai bahan tulis, untuk menjadi lembaran yang tipis papirus ini harus melalui proses yang panjang, Dan alat tulis ini disukai banyak orang saat itu, sayangnya lembaran tipis papirus ini punya kelemahan yaitu cepat kuning dan rapuh sehingga gampang robek.
        Menjelang abad II Sebelum Masehi, orang Persia merasa kebutuhan alat tulis semakin besar sementara pasokan papirus kurang, maka merekapun berpikir memakai kulit binatang seperti kulit kambing,domba,atau sapi yang banyak tersedia saat itu. ternyata alat tulis ini lebih baik daripada papirus karena lebih kuat dan bisa ditulis bolak balik.
        Pada tahun 105 Masehi di Cina ada orang yang bernama Tsa'i Lun membuat kertas dari kulit kayu Murbei, bagian dalam kayu murbei ini direndam diair dan dipukul-pukul hingga seratnya lepas,setelah menjadi bubur bahan ini dipres hingga tipis kemudian dijemur, setelah kering jadilah kertas yang mutunya memang tidak sebagus saat ini dan inilah awal mula ditemukannya kertas dari bahan kayu,dan banyak digunakan dicina saat itu.


        Pada tahun 751 M ketika Pasukan Arab sampai di Asia Tengah dan mereka bertemu dengan orang cina yang telah menggunakan kertas dan tahu cara membuatnya, maka orang Arab belajar membuat kertas dari kayu Murbei, karena pada saat itu kayu Murbei terbatas maka mereka mencoba bahan Linen dan Rami, ternyata hasil kertasnya bermutu lebih baik, dan mereka membuat lebih banyak dan dijual Ke Eropa dan disukai orang karena harganya lebih murah.  
        Kertas yang kita kenal sekarang umumnya berasal dari pohon pinus yang kemudian dibuat pulp. Mutu kertasnya lebih baik ,licin dan tidak belepotan bila ditulis dengan bolpoint, Pembuatan kertas ini baru dikenal pada abad 19,Kini kertas gampang didapat dan murah harganya karena setiap negara memiliki sejumlah pabrik kertas, tetapi penggunaannya kita harus hemat karena bahan dari kayu akan berdampak pada hutan kita.....

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...